Selasa, 30 Oktober 2012

Bahaya Cacing Kremi



Bahaya Infeksi Cacing Kremi

Cacing bisa menjadi parasit bagi tubuh manusia. Ia tumbuh di dalam tubuh manusia dan mendapat makanan dari apa yang kita makan dan bahkan tidak jarang memakan tubuh kita. Cacing umumnya menyerang manusia yang masih muda, terutama anak-anak. Hal ini dikarenakan anak-anak sering memakan apa saja dan tidak memiliki pengetahuan yang baik tentang kebersihan. Bisa jadi anak-anak berinteraksi dengan tempat tinggal para cacing sehingga rentan terhadap infeksi cacing. mengenal bahaya cacing kremi

Pengertian Cacing Kremi

Cacing kremi adalah cacing yang biasa ditemukan pada anus dan menyebabkan gatal pada daerah tersebut. Pada anus akan ditemukan beberapa telur yang menempel karena cacing kremi mengerami telurnya di tempat yang lengket. Itulah yang menyebabkan anus penderita menjadi gatal. Setelah menetas, cacing kremi akan melalukan kegiatan yang sama persis dengan induknya. Meski tidak dianggap berbahaya, namun keberadaan cacing kremi sangat mengganggu.

Bahaya infeksi cacing kremi

Cacing ini tidak mengakibatkan hal yang fatal dalam tubuh manusia secara langsung, namun luka yang dihasilkan akibat gatal pada anus ini bisa berakibat buruk jika dibiarkan. Dibawah ini adalah tanda-tanda seseorang dihinggapi cacing kremi, antara lain:

Rasa gatal di daerah anus
Seperti disebutkan diatas, cacing kremi betina mengeramkan telurnya di tempat lengket dan kotor. Anus adalah tempat yang cocok untuk hal tersebut. Anus juga merupakan tempat yang nyaman bagi telur-telur cacing hingga mereka menetas. Rasa gatal dapat dideskripsikan sebagai rasa menggelitik, ada yang merayap atau sensasi sakit yang halus.

Tidak bisa tidur atau insomnia
Ini adalah salah satu tanda-tanda infeksi cacing karena banyaknya kegiatan di dalam usus maupun anus ketika seharusnya seluruh anggota badan beristirahat. Tentu ini membuat otak mengirimkan sinyal untuk merespon kegiatan cacing, termasuk dengan menggaruk untuk menghilangkan rasa gatal di anus.

Nafsu makan menurun
Aktivitas cacing dalam tubuh akan mengakibatkan nafsu makan seseorang menjadi turun drastis. Biasanya ini terjadi pada anak-anak. Jika dibiarkan secara jangka panjang dapat menyebabkan penyakit thypus.

Dapat menyebabkan radang vulva dan vagina
Cacing ini tidak memiliki dampak buruk yang berarti pada pria jika diobati dengan benar dan bergaya hidup bersih. Sedangkan bagi kaum wanita, cacing ini bisa menjadi musibah karena dapat menyebabkan radang pada vulva dan vagina. Cacing dapat masuk ke vagina melalui vulva dan menyebabkan vulvovaginitis atau peradangan pada daerah vagina. Ini adalah sebuah peringatan bagi wanita untuk membersihkan daerah kewanitaannya deegan baik.

gambar cancing kremi
Cacing kremi di dalam tubuh manusia tentu saja bukan begitu saja ada, namun datang dari luar dengan transportasi makanan dan pakaian. Oleh karena itu menjaga kebersihan sangat penting untuk mencegah datangnya cacing kremi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar